Minggu, 03 Januari 2010

Cara Berinternet Dengan Komputer Menggunakan Handphone Sebagai Modem

Sekarang dimanapun Anda berada asalkan sinyal handphone Anda bagus, maka Anda pun berkesempatan untuk melakukan koneksi internet. Jika sinyal handphone bagus biasanya sinyal GPRS juga bagus, nah sinyal GPRS inilah yang dapat memungkinkan kita berinternet dimanapun kita berada. Untuk contoh kali ini saya menggunakan kartu Mentari yang memasang tarif GPRS Rp.5/kb (termurah saat ini).


Sinyal GPRS akan aktif di handphone dengan terlebih dahulu melakukan setting. Untuk kartu Mentari cukup SMS: GPRS merk handphone tipe handphone dan kirim ke 3000. Sedangkan operator lain silahkan lihat di buku panduan masing-masing.


Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah:

1. Handphone dengan fasilitas Bluetooth

Aktifkan bluetooth di handphone yang ditandai dengan menyalanya lampu dan gambar bluetooth akan aktif.

2. Bluetooth versi 2.0

Pasanglah bluetooth di komputer Anda, lalu installah drivernya. (harga

bluetooth sekitar Rp.50.000)

3. Komputer/laptop

Cara melakukan koneksinya sebagai berikut:

1. Buka My Computer.

2. Klik ganda My Bluetooth Place

3. Klik ganda Add a Bluetooth Device

4. Hingga muncul kotak dialog Bluetooth Setup, lalu tekan Next. Biarkan proses pencarian bluetooth (pada handphone) dilakukan secara otomatis oleh komputer.

5. Jika belum muncul tekan Search Again sampai muncul. Ada beberapa kemungkinan jika tidak muncul, bluetooth pada komputer tidak terpasang dengan baik (lepas dan pasang lagi), kedua bluetooth pada handphone tidak aktif (matikan lalu aktifkan lagi).

6. Jika pencarian berhasil maka akan muncul nama bluetooth handphone seperti gambar berikut, lalu seleksi ikon handphone dilanjutkan dengan menekan Next.



7. Beri ceklis Dial-Up Networking, sehingga akan muncul kotak dialog baru lalu klik OK. Terakhir tekan Finish.

8. Sehingga pada jendela Bluetooth akan muncul nama ikon dari bluetooth handphone kita misalnya: catur Dial-Up Networking, klik ganda ikon tersebut.

9. Lalu akan muncul Bluetooth Passkey Requered, klik kotak berwarna kuning pada system tray tersebut (pojok bawah kanan layar), sehingga akan muncul kotak dialog baru.

10. Masukkan nomer tertentu (misalnya: 333) lalu tekan OK.

11. Secara otomatis pada handphone Anda juga akan meminta nomer yang sama. Maka masukkan nomer tadi yaitu 333 (harus sama). Ingat proses ini harus dilakukan secara cepat, jangan terlalu lama.

12. Lalu akan muncul kotak dialog seperti berikut. Masukkan nama dan password (bebas), pada kolom Dial masukkan *99***1# lalu tekan Dial.



13. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka akan muncul gambar seperti berikut pada system tray.



14. Dan sekarang komputer Anda siap digunakan untuk berinternet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar